Karakteristik Anak Dengan Attention Deficit and Hyperactivity Disorder (ADHD)?
Hola sahabat Terapeutik!
Hari ini Teurapeutik akan membahas mengenai Karakteristik Anak Dengan Attention Deficit and Hyperactivity Disorder (ADHD), nih!
Yuk kita simak penjelasan di bawah ini
Anak bisa masuk dalam kategori gangguan pemusatan perhatian (inatensi), bila:
1) Sering gagal memusatkan perhatian pada tugas atau aktivitas bermain
2) Sering sukar mempertahankan perhatian pada tugas atau aktivitas bermain
3) Sering tampak seperti tidak mendengarkan bila diajak bicara langsung
4) Sering tidak mengikuti petunjuk dan gagal menyelesaikan pekerjaan sekolah, tugas atau kewajiban di tempat kerja
5) Sering mengalami kesukaran dalam mengatur tugas dan aktivitas
6) Sering menghindari, tidak suka atau enggan terikat pada tugas yang membutuhkan dukungan mental yang teru menerus
7) Sering menghilangkan benda-benda yang dibutuhkan dalam tugas atau aktivitas
8) Sering mudah terganggu oleh rangsang dari luar 9) Sering lupa dalam aktivitas sehari-hari
Anak mengalami hiperaktivitas, yang ditandai dengan tampilan:
1) Sering tampak gelisah dengan tangan atau kaki menggeliat-geliat di tempat duduk
2) Sering meninggalkan tempat duduk di dalam kelas atau tempat lain dimana situasinya sedang diharapkan untuk tetap duduk
3) Sering berlari dan memanjat berlebihan dalam situasi dimana hal tersebut tidak sesuai
4) Sering mengalami kesulitan bila bermain atau bersenang-senang di waktu senggang dengan diam
5) Sering bergerak terus atau berlaku bagaikan didorong oleh “mesin”
6) Sering bicara berlebihan
Anak menunjukan perilaku impulsivitas, dengan tampilan:
1) Sering menjawab lebih dahulu sebelum pertanyaan yang diajukan selesai
2) Sering sulit menunggu giliran
3) Sering menyela dan memaksakan kehendaknya pada orang lain
Sumber: Nahar. (2019). Menemukenali dan menstimulasi anak penyandang disabilitas (pp. 46-47). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Terima kasih sudah membaca info Teurapeutik hari ini.
Nantikan info selanjutnya dari kami, ya!